Karakteristik Kabel Fiber Optik Yang Membuatnya Beda Dari Kabel Lain

Mekanikal & Elektrikal

Karakteristik Kabel Fiber Optik

Kalau dulu kabel pengiriman data menggunakan jenis kawat, sekarang sudah ada kabel fiber optik yang diklaim mampu mengirimkan data lebih cepat. Makanya banyak vendor telekomunikasi hingga perkantoran yang beralih pakai kabel ini, untuk memperlancar kerja melalui jaringan komunikasi. Sehebat apakah karakteristik kabel berbahan serat plastik ini?

Kabel yang pertama kali ditemukan tahun 1960an ini, memang dinilai mampu mengakomodir kebutuhan banyak orang. Awalnya kabel ini hanya bisa mengirimkan gambar, kemudian berkembang mentransmisikan gelombang cahaya di tahun 1980an. Bahkan saat ini banyak vendor bidang telekomunikasi yang menggunakannya baik di Indonesia maupun dunia.

Karakteristik Kabel Fiber Optik

Karakteristik Kabel Fiber Optik

Anda pasti penasaran kenapa kabel yang ukurannya sangat kecil ini punya segudang keunggulan, hal itu tak lepas dari karakteristik umum dan spesifiknya berikut ini.

1. Karakteristik Umum

Beberapa karakteristik umum berikut ini, jadi pembedanya dengan kabel lain yaitu:

  1. Memiliki kekebalan maksimal pada interfensi yang dilakukan gelombang elektromagnetik. Sehingga saat mengirimkan data tidak akan terkendala, dan lebih cepat sampai pada komponen tujuan.
  2. Kecepatannya beroperasi mengirimkan data mencapai hitungan Gigabite setiap detik, yang lebih besar dari kemampuan kabel jenis lainnya.
  3. Jarak transmisi kabel ini sangat jauh yaitu maksimal 60 kilometer, jarak yang tak dimiliki jenis jaringan kabel lain baik itu jenis twisted pair maupun coaxial. Jarak ini bisa jauh karena komponan serat kaca yang dimiliki oleh kabel fiber optik ini.
  4. Kabel jenis ini mampu membawa paket data dalam jumlah besar dalam sekali penghantaran, sehingga mampu memangkas waktu yang dibutuhkan.
  5. Biaya yang dibutuhkan untuk tiap node tergolong mahal.
  6. Pada bagian dalam kabel memiliki inti yang dibuat dengan serat kaca, kemudian terdapat pula lapisan pelindung yang meminimalisir kerusakan kabel dimanapun ditempatkan.
  7. Kabel ini membutuhkan cahaya dalam proses transmisi data, beda degan kabel lain yang masih bergantung pada aliran listrik.
  8. Kabel ini mempunyai 10 jenis konektor dengan bentuk dan ukuran berbeda, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari telekomunikasi,televisi, internet, hingga kendaraan canggih masa kini.

2. Karakteristik Komponen

Sedangkan karakteristik kabel fiber optik jika dilihat dari komponen pembuatannya adalah:

  1. Bagian terluar dari kabel ini memiliki outer jacket dengan fungsi melindungi inti kabel. Biasanya terbuat dari bahan yang tahan panas dan air sehingga tahan lama.
  2. Bagian coating pada kabel ini terbuat dari plastik memiliki warna bervariasi yang gunanya adalah untuk membuat mudah saat dilakukan urutan core. Bagian ini juga punya fungsi melindungi kabel dari kelembaban udara, yang bisa berdampak buruk pada bagian lebih dalam kabel.
  3. Pada bagian cladding terdapat komponen dengan punya fungsi untuk melanjutkan cahaya, yang diterimanya ke bagian inti kabel. Cladding ini terbuat dari bahan kaca yang juga menjadi pelindung utama bagi inti kabel.
  4. Inti

Bagian ini dibuat dari serat kaca dengan ukuran bervariasi, tergantung ukuran utama kabel fiber optik itu sendiri. Biasanya ukuran init berkisar 2-50 ┬Ám. Makin besar diameter dari serat kaca di dalam itu, maka kualitas kabel akan semakin bagus.

Itulah beberapa karakteristik yang dimiliki kabel yang dibuat dari serat kaca ini, yang menjadikannya semakin disukai untuk kebutuhan transmisi berbagai jenis data pada jarak yang jauh. Makanya jika Anda diminta mengganti komponen kabel telepon atau jaringan internet dengan fiber optik, jangan menolak Sebab karakteristiknya sangat mumpuni dan akan membuat Anda puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *