Ketahui Ini Dia Jenis Dinding yang dapat ditempeli Wallpaper

Dekorasi

Dewasa ini banyak hunian seperti rumah, kantor, maupun apartemen yang mendekor dindingnya menggunakan wallpaper. Dengan adanya tekstur, motif, dan warna yang beragam pada wallpaper, dapat mewujudkan kesan yang berbeda dan tampilan dalam ruangan jadi lebih menarik dilihat. Penggunaan wallpaper dinding murah bisa juga menutupi kekurangan ataupun kerusakan pada dinding.

Jenis Dinding

6 Jenis Dinding untuk ditempeli Wallpaper

Sebelum memasang wallpaper ada beberapa hal yang perlu diketahui, salah satunya adalah jenis dinding yang akan digunakan. Berikut adalah uraian tentang jenis dinding yang perlu kamu ketahui untuk mengaplikasikan wallpaper.

Wallpaper Dinding

1. Dinding baru

Proses pemasangan wallpaper pada dinding yang baru tidak begitu rumit. Hal itu karena kondisi permukaannya masih rata, bersih, tidak ada warna yang pudar, dan tidak terdapat goresan. Hanya memerlukan lem khusus wallpaper untuk menempelkannya. Ketika ingin merekatkan wallpaper gunakanlah alat bantu seperti kape khusus, lalu gosok wallpaper supaya menempel dengan sempurna. Dengan menggosokkan wallpaper, dapat membantu udara untuk keluar dan tidak menimbulkan gelembung.

2. Dinding bekas wallpaper

Bosan dengan tampilan wallpaper yang lama? Tidak usah khawatir, sebab kamu bisa menggantinya dengan wallpaper yang baru dan memasangnya pada dinding bekas wallpaper. Pemasangan wallpaper pada dinding yang sebelumnya sudah pernah dipasang wallpaper, lebih rumit daripada dinding yang baru. Pertama-tama lepas wallpaper lama yang terpasang pada dinding.

Agar tampilan wallpaper terlihat sempurna, harus diperbaiki terlebih dahulu dengan cara dicat. Apabila tidak diperbaiki, akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu wallpaper yang baru tidak bertahan lama, teksturnya kurang bagus, hingga berkurangnya daya perekat. Untuk melepas wallpaper yang lama, yaitu dengan membasahinya dengan spon basah dan diamkan selama 15 menit. Hal ini supaya kertas wallpaper dapat mudah dilepas. Ketika melepasnya jangan terburu-buru. Tariklah dengan perlahan, hingga seluruh permukaan wallpaper terlepas dari dinding.

3. Dinding lama

Pemasangan wallpaper pada dinding yang sudah lama, harus dilakukan secara khusus. Contohnya dengan memperhatikan kondisi dindingnya, apakah berjamur dan berlubang atau tidak. Jika kondisinya seperti itu, wallpaper tidak akan menempel dengan sempurna. Supaya wallpaper dapat terpasang dengan sempurna, poleslah dindingnya terlebih dahulu.

4. Dinding plesteran

Memasang wallpaper pada dinding plesteran, perlu waktu 3 hingga 4 bulan untuk persiapannya, yaitu dengan memperhatikan kondisi permukaan dindingnya, apakah layak untuk ditempel wallpaper atau tidak. Sebelum dipasang, bersihkan dindingnya terlebih dahulu menggunakan air cuka. Lalu gosok permukaannya agar sisa plesteran dapat menghilang. Bila terdapat permukaan yang retak atau berlubang, tambal dengan plester yang dilapisi lateks.  Apabila kondisi dindingnya sudah layak digunakan, pasanglah wallpaper yang kamu inginkan.

5. Dinding tripleks

Jenis dinding tripleks yang dapat dilapisi wallpaper adalah yang terbuat dari kayu, bukan yang dilapisi melamin. Untuk proses pemasangannya hampir mirip dengan memasang wallpaper di dinding tembok. Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu keberadaan serabut kayu pada tripleks. Maka dari itu, bersihkan dahulu permukaan dindingnya dengan, kemudian mengelap permukaannya hingga lembab. Dengan begitu, lem akan meresap dan wallpaper mudah melekat pada dinding.

6. Dinding keramik dan kaca

Dinding berbahan keramik maupun kaca tidak dapat ditempeli wallpaper, sebab permukaannya cenderung licin. Meskipun begitu, ada cara lain bila kamu ingin menambahkan wallpaper pada jenis dinding ini. Caranya dengan menempelkan potongan stiker bermotif dekoratif. Agar melekat sempurna, bersihkan dahulu permukaan dindingnya. Gunakanlah cutting sticker berkualitas tinggi, supaya jika dilepaskan tidak meninggalkan bekas.

Nah, itu dia jenis dinding yang bisa diaplikasikan untuk wallpaper. Apapun dinding yang dipakai, jangan lupa untuk selalu merawat wallpaper dinding supaya tampilannya tetap indah dan tidak mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *