Tips Memilih Partisi Ruangan Yang Tepat

Dekorasi

Tips Partisi Ruangan

Walaupun punya rumah dengan ukuran terbatas, bukan berarti Anda tak bisa melakukan banyak hal untuk mendekorasinya sesuai keinginan. Salah satu cara dekorasi yang tepat untuk menyiasati ruang terbatas, adalah pakai partisi ruangan. Tapi tak semua partisi cocok dipakai untuk setiap ruangan, Anda harus memilih yang tepat. Ini tips memilihnya!

Tips Partisi Ruangan

Ini 6 Tips Memilih Yang Bisa Dipakai

Sebelum menentukan jenis partisi, apakah itu partisi kayu, partisi kaca, rotan, atau apapun, Anda harus mempertimbangkan anggaran, bahan partisi, fungsinya untuk apa, berapa ukuran ruangan, dan kesesuaian keberadaan partisi dengan konsen ruangan.

Anggaran

Pastikan terlebih dahulu berapa anggaran yang Anda sediakan untuk membeli atau membuat sendiri partisi ruangan tersebut. Jangan tergoda membeli partisi mahal hanya karena Anda suka, dan berujung pada penghematan untuk pengeluaran lainnya. Jadi persiapkanlah partisi yang sesuai anggaran, bila memungkinkan tentu lebih hemat dibanding dana yang sudah disiapkan.

Kalau anggaran terbatas, Anda juga bisa menyiasatinya dengan memilih partisi yang murah dan meriah. Anda juga bisa memilih bahan di sekitar Anda untuk membuat partisi yang tepat dana dan tepat guna, sehingga dana yang ada bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting.

Bahan

Setelah tahu anggarannya, langkah berikutnya adalah menentukan bahan apa yang akan dipakai untuk membuat partisi ruangan. Saat ini sudah sangat banyak bahan yang bisa dipakai untuk partisi, contohnya acrilyc, partisi kaca, besi. Anda juga bisa mengkombinasikan bahan, untuk menghasilkan partisi yang diinginkan.

Fungsi

Jangan lupa menentukan apa fungsi dari partisi tersebut, apakah sekedar untuk membatasi dua buah ruangan saja, atau sekaligus menambah cantik interior ruangan. Karena dua hal itu sangat berbeda, ketika Anda ingin membatasi ruangan saja, tentu tak perlu terlalu memikirkan bentuk dan bahannya, yang penting ruangan memiiki sekat yang jelas.

Tapi sebaliknya, jika ingin menambah keindahan ruangan, desain, warna, dan bahan seperti partisi kaca, kayu, rotan, pasti akan menjadi pertimbangan utama. Sehingga ketika diletakkan di posisi yang diinginkan, partisi tersebut mampu menyempurnakan ruangan.

Lokasi

Tentukan dulu di ruang apa partisi tersebut akan dipakai, karena beda ruangan akan beda pula tampilannya. Contohnya untuk ruang makan berkonsep vintage, akan beda partisi yang bisa dipakai, dengan ruang tamu yang memiliki konsep minimalis.

Ukuran Ruangan

Pemilihan partisi juga sangat ditentukan oleh ukuran dari ruangan tersebut, jika ruang terbatas tentu akan dipilih partisi dengan ketebalan minimal. Hal itu untuk mencegah ruangan terlihat jadi sempit dan penuh oleh berbagai macam barang. Beda lagi jika ukuran ruangannya luas, akan lebih bebas untuk berimprovisasi partisi seperti apa yang akan dipakai.

Jadi pastikan Anda sudah mengukur panjang, lebar dan tinggi ruangan dan ukuran partisi. Sehingga ketika partisi dipasang, terlihat perpaduan yang tepat dari segi ukuran ruangan dan partisi yang dipili.

Sesuaikan Dengan Konsep

Pastikan juga ada kesesuaian antara partisi dengan konsep dari ruangan. Ini adalah hal mutlak dalm dunia arsitektur dan konstruksi, agar semua komponen saling melengkapi. Dampaknya akan sangat terasa beda ketika pemilihan partisi tidak mempertimbangkan konsep, karena kadang akan membuat ruangan jadi jelek dan tidak nyaman untuk ditempati untuk jangka waktu yang lama.

Contohnya adalah konsep ruangan industrial, tidak cocok jika diberi sentuhan partisi kaca warna-warni. Sebab konsep tersebut sangat identik dengan warna netral seperti putih dan hitam, atau rumah mewah akan kurang tepat jika diberi partisi besi atau partisi dengan bahan minimalis.

Rasanya tidak akan jadi masalah kalau semua hal di atas Anda pastikan terlebih dahulu, baru membeli partisi ruangan. Jika tak pakai tips di atas, kemungkinan Anda memilih partisi yang salah akan sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *